Wednesday 15 March 2017

puncak mangunan negeri di atas awan

puncak mangunan
    Akhir-akhir ini banyak sekali yang berburu Mdpl,banyak kita jumpa di istagram,facebook atau DP bbm teman kita yang berfoto dengan secarik kertas bertuliskan 3000Mdpl,2500Mdpl dan lain sebagainya.Ada yang belum tau Mdpl? sama saya juga hehehehe.Mari kita sama-sama tanya mbah google apa itu Mdpl.Mdpl adalah "Meter Di Atas Permukaan Laut, bisanya para pendaki gunung sudah akrab dengan Mdpl.Kembali ke judul puncak mangunan negeri di atas awan.

Di sebela tenggara kota jogja ada sebuah puncak yang namanya puncak mangunan.Tepatnya di kecamatan dlingo, dari kota jogja sekitar 45 menit perjalan darat, kalau udara susah turunya karena di mangunan belum ada bandara hehehe.Untuk rutenya bisa googling di google maps, kalau saya jelaskan rutenya saya pusing banyak pertigaan dan peremaptan gan.Di tempat ini kita bisa menikmati sunrise atau sunset,untuk HTM cukup terjangkau cuma 5000/motor,untuk mobil saya kurang tau,karena saya belum punya mobil :).

Untuk meikmati sensasi di atas awan anda tak perlu mendaki gunung yang ribuan Mdpl,cukup dengan bangun pagi lansung cuss mangunan,itu yang saya lakuan.Jarak rumah saya dengan mangunan tidak begitu jauh sekitar 30menit naik motor dengan kecepatan santai.Perjuangan terberat adalah bangun pagi,jadi ketahuan kalau sering bangun siang :).

dedek bayi saja sampai sini hehehe

Saya berangkat dari rumah jam 04.30 dengan sedikit gerimis sepanjang jalan menambah rasa dingin kota jogja saat itu.Saat jalan mulai memasuki perbukitan disambutlah saya dengan kabut cukup tebal.Pelu extra hati-hati dan konsetrasi penuh supaya tetap selamat sampai tujuan.

Setalah perjuangan menembus dingin yang cukup membuat badan menggigil sampailah saya di temapt retribusi.Siapkan Rp 5000 uang pass biar gak nunggu kembalian.Masih ada perjuangan selanjutnya karena dari TPR tadi kita masih menmpuh jarak sekitar 1km.Utuk kesini saya sarankan memakai kendaraan yang benar-benar sehat.Perjalanan 300 meter pertama terlihat datar melewati sebuah kolam dengan ekskavator di tengahnya,mirip sebuah taman dengan kolam ikanya.Setela itu kita akan memulai tanjakan demi tanjakan apalagi saat itu jalnnya belum di pebaiki,aspal yang mulai rusak dengan tanah berwana merah bata di tambah guyuran air hujan,bisa di banyanginkan betapa licinya?.Apa lagi saat itu saya membawa anak yang masi bayi belum genap 1tahun Untuk info saja bulan februari kemari info dari salah satu teman jalan sidah di aspal bagus,tapi anda tetap harus berhati-hati dan siapkan kendaraan yang benar-benar sehat.Sesampainya di tempat parkir kita harus berjalan kaki kurang lebih 100 meter menurtni anak tangga.Nah ini dia penampakan puncak mangunan setelah melewati ujian yang cukup mainstrem.

Mangunan

Saat hujan seperti saat itu awan kabut bisa berlangsung sampai jam 10 pagi,tapi untuk kondisi cerah cuma smapai jam 8an,tapi tergantung faktor angin juga.Di puncak mangunan memang memiliki sensasi seperti di atas awan,seperti kita sudah mendaki sebuah gunung yang tinggi.Tak perlu kita mendaki gunung yang beribu Mdpl,karena fisik saya tidak mampu mendaki gunung,jadi untuk menikmati sensasi di atas awan cukup ke bukit mangunan saja.Sebenarnya di dlingo masih banyak spot wisata yang berada puncak bukit,akan saya ulas di postingan selanjutnya.