Saturday 4 March 2017

Air Terjun Tuwondo , Banyakan Sitimulyo

11 Januari 2015
Setelah sekian lama vakum nulis karena sibuk nyiapan acara pernikahan dan alhamdulillah smeua berjalan lancar. Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang wisata alam yang masih belum menjadi wisata komersil. Gerojogan Lepo.
06.30WIB
Sebenarnya niat awal kami mblusuk ke Air Terjun Tuondo yang berada di dusun Banyakan III, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. langsung gas ke banyakan .Kita lewat jalan wonosari  lurus terus sampai Jogja-Wonosari berhenti di KM 10 tepatnya depan Taman rekreasi Kids Fun. Ada perempatan ambil jalan ke selelatan 4 KM. Nanti akan ketemu Dusun Banyakan di tandai dengan Gedung serba guna  yang ada di timur jalan. Untuk menuju ke lokasi dari Gedung serbaguna Banyakan ke arah selatan kurang lebih 200 meter ada pertigaan ambil kiri atau ke selatan menuju bukit. Tepat sebelum naik bukit ada pertigaan ambil kanan kurang lebih 2-3 KM untuk menuju air terjun Toundo. Kurang lebih 2x kita tanya ke penduduk sekitar. Setelah sampai disana ternyata sudah ada tempat parkirnya yang dijaga penduduk sekitar. Disana sudah banyak pengunjungnya. Maklum minggu pagi banyak warga bersepeda mengunjungi wisata air terjun tersebut. 
Jalan Menuju Air Terjun Tuondo
Setelah menitipkan sepeda motor ke tukang parkir untuk menuju ke lokasi kita harus jalan sekitar 500meter barulah kita sampai di air terjun tuondo. Sesampainya dilokasi kami sedikit kecewa karena airnya mati alias ga ada airnya. Memang benar kata warga sekitar kalau gak hujan air nya ga ada. Memang ini masih musim hujan tapi beberapa hari ini hujan gak turun.
Air Terjun Tuondo Saat Musim Hujan Copyright Google
Untuk mengobati rasa kecewa kami , kami langsung menuju lokasi air terjun kedua yaitu Air Terjun Lepo yang berada di Dusun Pokoh 1, Dlingo Bantul. Dari jalan Banyakan kita langsung lurus keselatan lurus lewat jalan Bawuran setelah nemu pertigaan ambil arah timur lurus ketimur terus lewat cinomati dan mencari SMA 1 Dlingo lurus terus sampai keteu lapangan dan perempatan setelah itu perempatan belok kiri dan jalannya masuk perkampungan setelah lewat makam menyebrangi jembatan kecil dan ikuti saja jalannya dan akan ada petunjuk arah menuju gerojogan lepo.
Sesampainya disana motor diparkirkan dirumah penduduk , lalu jalan kaki menuju ke gerojogan. And to be continued at postingan selanjutnyaa..... hehehe...

0 comments:

Post a Comment